Bagian-bagian Karburator

Posted by Joe Arisman On Senin, 11 Juni 2012 5 comments

Bagian-bagian karburator punya kegunaan atau fungsi tersendiri.Bagian bagian ini pun saling berhubungan dan tak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya.seperti tubuh kita mulut tak bisa bergerak tanpa rongga ,rongga tak berguna tanpa gigi,gigi tak berfungsi tanpa lidah.

jadi dalam part-part ini saling terkait dan saling membutuhkan.banyak yang acuh dalam salah satu part karburator dan tahu maksut atau fungsi part itu pada karburator.kesalahan sedikit kadang membuat motor tak enak.karburator bisa diibaratkan dengan mulut.jadi ketika mulut kita sariawan maka susah untuk memakan sesuatu juga kan.Karburator pun juga sama jika ada eror sedikit pun maka akan mbrebet dan efeknya juga kedalam mesin kan .


1.Pelampung
tugas dari pelampung ini adalah menjaga ketinggian bensin dalam mangkok karburator.jika jumlah bahan bakar melebihi batas efeknya campuran akn menjadi gemuk dan pemakaian bahan bakar akan lebih boros.dalam keadaan ini sebenarnya dapat diatasi dengan menyetel ketinggian pelampung ingin tampungan yang gemuk atau kurus.

2.Jarum Skep
jarum set disini bekerjasama dengan needle jet yaitu mengatur semburan gas yang masuk kedalam ruang bakar.jika part ini aus maka campuran udara dan bahan bakar tidak ideal.needle jet terletak dibawah jarum skep atau bisa dikatakan lubang yang dimasuki jarum skep.untuk mengeluarkanya kadang harus dipukul.
3.Jarum pelampung.
part ini berhubungan langsung dengan pelampung karena letaknya yang beragandengan dengan pelampung.fungsi dari jarum pelampung ini untuk menutup saluran bensin di mangkok karburator ketika pelampung sudah bergerak naek dan membuat jarum pelampung menutup saluran masuk bahan bakar.biasanya bahan ini di ujungnya berupa lapisan karet dan ada juga yang besi.jika ujung jarum pelampung aus ataupun juga saluran nya bisa dipastikan akan mangkok bensin banjir.
4.Pilot jet
part yang berfungsi mengalirkan campuran bahan bakar dengan udara diputaran mesin rendah sampai menengah.part yang paling penting setelah main jet.




5.Main jet
part yang menempel di holder main jet yang letaknya didalam karburator dan di bawah jarum skep.berfungsi mengalirkan campuran bahan bakar dan udara dari putaran mesin menengah sampai putaran atas.








6.Sistem choke
alat untuk memperbanyak campuran bensin keruangbakar
ditujukan supaya mesin mudah hidup saat keadaan mesin dingin .part ini menempel di karburator.danada juga yang berupa tarikan kabel dari hand grip kiri.







5 comments:

hery aburrahman tamir mengatakan...



pagi bang joe,ikutan tanya neh.sy mo coba ganti carbu utk nuovo z 2007 dgn carb rx king.tapi tetep pengen kondisi mesin standar aja.bisa gak?gmn uk MJ,PJ & Needle jet?hrs d kurangi dr standar carb king nya gak?thx.tlg info nya bang joe

hery aburrahman tamir mengatakan...

slm kenal bung joe.mau ikutan tanya2 neh.saya mau ganti carbu nuovo z 2007 dgn carb rx king.gmn ukuran MJ,PJ & needle jet nya.krn saya mau mesin tetap dlm kondisi standard.bisa ga?thx bfr.mohon info nya bung joe

Joe Arisman mengatakan...

herry:jeroan karbunya ganti milik RX-100 gan tapi kalo pengen langsung plug in beli karbu imitasi aja merek KHK atau sejenisnya biasanya itu langsung plug in,

donni indriansyah mengatakan...

Karbu nuovo ane Skepnya gancet trus aapa'πўǟª Ƴɑ̤̥̈̊ªªªª☺....

donni indriansyah mengatakan...

Skep karbu nuovo ane gancet trus ɑ̤̥̈̊pɑ̤̥̈̊'πўǟª Ƴɑ̤̥̈̊ªªªª☺...

Poskan Komentar