Cara Kerja Pilot Jet Dan Main jet

Posted by Joe Arisman On Minggu, 10 Juni 2012 0 comments
Dalam part karburator banyak part-part pendukung untuk kinerja karburator yang penting.Tapi dalam part-part krburator terdapat part yang paling utama atau bagian yang paling berguna yaitu pilot jet dan main jet.Mari kita bahas seksama apa kegunaan dari pilot dan main jet dalam karburator.

PILOT JET
Apa pernah kamu mengetahui ketika motor distarter dan hidup.Part karburator apa yang bekerja untuk mensuplai bahan bakar?piot jet ini adalah jawabanya pilot jet bekerja menyalurkan bahan bakar dariputaran rendah(idle)sampai putaran menengah.

Bagaimana mengetahui tepat atau tidak pilot jet yang diaplikasi kemotor ?"Mudah" yaitu ganti dulu pilot jet dan pasang pilot jet yang ingin kamu ganti geber motor dan lihat kondisi busi,bila diujung busi berwarna putih maka suplai bahanbakar terlalu sedikit atau miskin.Bisa dikatakan pula pilot jet terlalu kecil.

Itu kemungkinan yang terjadi ketika pilot jet kekecilan .Bagaiman jika kelewat besar ?Hidupkan motor dan pelintir gas secara spontan.akan terlihat mesin motor tak dapat meraung di putaran rendah,sesaat ketika grip gas dibuka ,sedikit mbrebet.kejadian ini dapat terjadi karena diputaran rendah suplai gas bakar yang masuk ke dalam silinder terlalu banyak.

MAIN JET
Part ini sebernanya punya tugas yang sama dengan pilot jet tapi main jet bekerja mensuplai bahan bakar kedalam silinder dalam putaran mesin mengah ke atas.Jadi bagi reader yang pengen ganti knalpot aftermarket atau knlapot freeflow disarankan untuk mengganti main jet dengan ukuran yang lebih besar karena dalam kejadian ini .Suplai bb harus lebih banyak ke dalam silinder agar mesin tak over head karena pipa buang yang lebih besar dan juga pendek berpengaruh terhadap temperatur mesin saat motor dalam putaran tinggi .

Pengaruh main jet kekecilan disebabkan penggantian main jet kekecilan menjadikan motor gampang menjerit di putaran atas.

Sebaliknya ketika penggantian main jet dengan ukuran yang terlalu besar ,efek pada motor akan brebet diputaran atas.Disini untuk mendapatkan ukuran yang pas main jet juga ada fungsi lain untuk mendingin kan mesin atau penjaga temperatur mesin ketika motor sering digeber dalam putaran tinggi.

0 comments:

Poskan Komentar