Tips Mengatasi Lampu Sering Mati

Posted by Joe Arisman On Sabtu, 07 Juli 2012 7 comments
Kamu yang sering keluar malam,beangkat kerja malam hari,dan membawa motor sendiri.Apa yang penting ketika dimalam hari yang gelap?yaitu penerangan lampu.Lampu juga merupakan barang elektronik yang tidak bisa ditebak kapan rusak atau amtinya.

kiprok/regulator
regulator/kiprok
Beda dengan part bergerak seperti Ban,Rantai itu mungkin bisa diprediksi ataupun bisa dilihat masih bagus atau tidak masi layak pakai atau tidak.Kalau lampu? Selagi masih bisa hidup kadang kita tak pernah menghiraukan lampu.Tapi tiba-tiba jika kamu berjalan dan lampu depan mati apa itu tidak membahayakan diri sendiri.

Umur lampu sebenarnya bisa lama tapi kalau lampu mu sering mati karena putus kawat filamen nya .Dimungkinkan voltase yang masuk ke lampu berlebihan kadang orang salah beranggapan agar lampu tidak mati harus mencari lampu yang mempunyai watt lebih besar padahal yang dibutuhkan lampu untuk menyala terang dan tidak putus maksimal 12 volt.Dan                          apa yang membatasi voltase yang masuk ke lampu?

filamen lampu
filamen lampu
Regulator /kiprok adalah alat pengisian aki sekaligus pembatas tegangan yang masuk ke lampu .Tugas utama kiprok adalah membuang tegangan  berlebihan ke massa sebagai tegangan yang akan disalurkan ke dalam lampu.Maka dari itu jika motor kamu masih standart dan mempunyai masalah lampu sering mati maka biasanya kiprok sudah rusak.

Belilah kiprok yang berkualitas selain menjaga lampu agar tetap awet juga menjaga keawetan dan kestabilan aki.

7 comments:

Setya Pambudi mengatakan...

bos, kiprokku kok sering jebol?
ap pengaruh aki soak
mtor gl neotech 97

Joe Arisman mengatakan...

setya : kalau kiprok murah emang rata-rata cepet jebol. Coba ganti dulu yang asli gimana reaksinya dan jangan lupa cek arus pengisian dari spul pengisian jika kelewat besar jadi permasalahanya di sistem pengisian

Anonim mengatakan...

mas punyaq baru bli 3 bulan langsung mati total lampu depannya.
q pake sepeda yamaha xeon.udah setahun pake,dah ganti lampu depan 3x.

knapa ya mas bro?
mohon pencerahannya

Joe Arisman mengatakan...

anonim: sering mati lampunya itu dari regulator gan atau kiproknya udah ga layak pakai sebaiknya ganti aja yang orisinil paling 150 ribuan

athocs ms mengatakan...

Maaf Gan, ane punya GL 96. kmarin q abis ganti kiprok yang mitasi, tapi lampu hanya betah seminggu, trus aki ikut rusak sampe mesin ikut ngadat + lampu2 putus semua termasik sein. tapi kalau aki ditambah air lagi normal spt biasa. Trus ane beli kiprok yang Oryginal,.. kmarin tapi hasilnya baru aku pasang lampu baru, q gas dikit lampu langsung terang dan Putus. lalu q bwa ke bengkel ternyata cuma dibalik kabel dari spulnya (antara kabel pengisian dngn lampu) akhirnya bisa lampunya g putus walo di geber. tapi besoknya gantian motornya yang mogok, karena aki yang g ngisi dengan normal. stlah akinya bisa dan mesin nyala lagi, ni malah Lampunya Putus lagi,.. jadi smpe sekarang masih jadi misteri gan,..

ajoe mengatakan...

Gan Ane fullwave satria fu tegangan cas ήÿ̲̣̣̣̥ª nyampek 19 tuh masalah y dmn ya gan????

ajoe mengatakan...

Gan М̣̣̥̇̊ά̲̣̣̣̥υ̲̣̥ tyak nih...
Ane kan fullwave satria ane kok malah cas aki nyaa nyampek 19 ya gan tuh åpaa nyaa ya gan tolong dong ∂ï bantu

Poskan Komentar