Kelebihan dan Kelemahan CDI AC dan DC

Posted by Joe Arisman On Jumat, 13 Juli 2012 51 comments
CDI DC Shogun
CDI DC Shogun 110
Sudahkah kalian tahu kelebihan dan kelemahan tipe CDI mu sendiri. Dari sekian banyak sepeda motor yang lalu lalang disekitar kita ada yang menggunakan sistem pengapian AC dan ada juga yang menggunakan sistem pengapian DC.Mari kita cari tahu apa kelemahan dan kelebihan CDI AC dan DC.

Apakah kalian tahu AC dan DC?Sebelum kita mengarah ke topik utama patut kita tahu tentang dasarnya dulu.Seperti Arus AC dan DC ini,jika yang sudah mengetahuinya langsung melompat ke paragraf selanjutnya saja.

    1.AC(Alternating Current) 
    Rangkaian Spull
    Spull

    Atau bisa disebut arus bolak-balik dimana arus yang dikeluarkan tidak tetap /berubah-ubah besar dan arahnya.Seperti contoh kelistrikan rumah
    2.DC(Direct Current)
    Atau bisa disebut arus searah dimana arus yang dikeluarkan tetap dan tidak berubah-ubah biasanya arus ini sering diapliasikan untuk pengisian dan penyimpnan daya seperti Baterai dan AKI
Jadi sekarang dasar dari arus AC dan DC sudah tahu kan?sekarang mari kita berpindah ketopik CDI AC dan DC.Pada dasarnya semua komponen otak pengapian tiu sama yaitu mampu mengalirkan listrik ke koil agar mampu membakar campuran bahan bakar dan udara secara efisien.

Walaupun sekarang banyak pengembangan tentang CDI tapi semua pengembangan pasti ada kelemahan dan kelebihanya seperti:

A.CDI AC(CDI arus bolak-balik)
@Kelebihan
    -Menggunakan arus yang berasal langsung dari spull CDI.
    -Terdapat spull CDI sendiri untuk mengalirkanya ke CDI.
    -Komponen tak berhubungan dengan sistem pengisian.
    -Kemungkinan rusak dalam jangka lama.
    -Harganya pun lebih murah.
Jenis motor yang menggunakan CDI AC yaitu Honda Grand,Supra,Atrea 800,Legenda,Supra Fit,NSR-SP,Yamaha Alfa,Force 1,RX-S,RX-K,RX-Z,Crypton,Suzuki Tornado GS,GX,Bravo,Crystal,RG-R.Kawasaki Kaze.
@Kelemahan
    -Arus yang tidak tetap atau berubah-ubah membuat mesin bekeja lebih keras.
    -Arus yang keluar tergantung putaran mesin jika putaran mesn rendah pengapianya pun kecil.
    -Sering sekali kawat elmail di spull terbakar karena panas yang berlebihan.
    -Menggunakan kawat elmail kecil yang riskan terbakar berbeda dengan CDI DC
B.CDI DC(CDI arus searah)
 @Kelebihan
    -Menggunakan arus searah yang berasal dari aki.
    -Arus yang keluar diputaran rendah tetap maksimal.
    -Spull jarang mati karena kawat elmail yang lebih besar dari spull cdi walaupun sama kualitasnya.Tapi hambatanya lebih kecil.
Jenis motor yang menggunakan CDI DC yaitu Honda Kirana,Sonic 125,Karisma,Supra 125,Megapro,Gl-Pro Neo tech,Beat,Spacy,CBR,Suzuki Shogun 110,Shogun 125,Smash,Satria F,Titan,Skywave,Skydrive,Raider,Yamaha Vega,Jupiter Z,Vega ZR,Jupiter ZR,Byson,Scorpio Z,Mio,Mio soul,Kawasaki Blitz,Edge,Athlete,Ninja dll


  @Kelemahan
     -Walaupun arus yang dikeluarkan tetap tapi CDI DC sangat sensitif terhadap konsleting karena         berhubungan dengan aki juga.
     -Jika AKI sudah mulai rusak dan tak mampu mengalirkan arus yang lebih dari 11-12 volt berpengaruh terhadap kinerja CDI.
     -Jika aki rusak kemungkinan terbesar CDI pun akan rusak.
     -Walau banyak orang yang beranggapan motor dengan pengapian DC bisa hidup tanpa AKI karena masih ada Regulator maka salah besar.CDI DC membutuhkan arus full DC dari aki sedangkan Arus yang keluar dari regulator untuk pengisian tak seatus persen DC.
     -Rata-rata CDI DC dibanderol dengan harga mahal walau itu merk biasa.

Bagaimana masih kurang jelas atau sudah paham ,jika sudah paham baca juga Merubah CDI DC blitz menjadi CDI Shogun.Terima kasih telah mampir ke blog JOEJOEtech.



51 comments:

SMP NEGERI 2 KRATON mengatakan...

artikel bagus bro,buat sy yng kurang ngerti motor

Joe Arisman mengatakan...

makasi gan,artikel saya ternyata bermanfaat.

Anonim mengatakan...

sy pnya vega lama,spull n cdi nya ac harganya lnyn bro,cdi orsi dibandrol 500rb,spull orsi 420rb,mau diakal pake yg lain sulit,kebanyakan motor skrg pake dc krn harganya lbh murah,kelebihan pengapian ac adlh dia unlimiter jd brppun rpmnya mampu,klo pengapian dc hnya dibatasi sktr 12rb rpm sj jd klo diajak bkrj di putaran tnggi krg maxi,mgkn tmbhn dr sy itu sj klo ada keslhn mhn diberi pencerahan.
NB: dari pengalaman pribadi

Joe Arisman mengatakan...

memang kalo untuk vega lama yang seies itu cdi udah unlimiter gan.Atau bahasa gaulnya dia lahir ceprot udah dikasi cdi unlimiter gan,untuk cdi dc jga ada yang unlimiter seperti shogun 110 kluaran pertama.Cdi dc pun yang unlimiter sekarang sudah banyak diedarkan.Tapi terima kasih atas saran nya gan.

Puja Wirawan mengatakan...

kalo motor di pasah projector Mini H1 HID untuk satria FU 2011 perlu di ubah gak untuk kelistrikannya ato di ubah menjadi fullwave???
mohon pencerahannya gan....

Joe Arisman mengatakan...

ya mungkin kalo HiD bisa menghabiskan daya baterai lebih cepat jadi lebih baik pakai aki yang punya amper lebih besar atau bisa juga dikasih regulator atau kiprog punya BRT yang lebih bagus buat pengisian baterai yang banyak mengeluarkan daya kelistrikan.

ady dinardi mengatakan...

di situbondo ada jasa pembuatan cdi AC racing , klo gag slah 300rb plus gulung spulny..

Anonim mengatakan...

GL neotech ku cocoke pake CDI comotan motor apa gan ? Thanks.

Joe Arisman mengatakan...

kalo GL pro NEotech bagusdan cocoknya pake CDI Shogun !!0 lama.lebih bagus dan lebih powerfull gan

apu mengatakan...

kalo vega r tahun 2008 dipasangin cdi smash yang lama bisa nggak gan ?

apu mengatakan...

kalo vega r 2008 bisa nggak dipasangin cdi smash lama gan ? mohon petunjukknya gan >>>

Joe Arisman mengatakan...

bisa gan cuman pertama ganti soket punya smash. Terus cari konek nya kalau dijelasin agaksulit gan

Double Bubble mengatakan...

Luar biasa,
Tempo hari pernah coba rubah arus untuk Honda Tiger dari AC ke DC (pake CDI shogun). Sampai 6 bulanan eh ujug-ujug elektriknya malah mati semua (CDI, stator coil/sepul).

youpi sungkono mengatakan...

gan ane mau tanya ..motor ane shogun 110 tapi ane mau pakai kruk_as kharisma nah apakah bisa memakai magnet + sepul honda kharisma ??

youpi sungkono mengatakan...

gan motor ane shogun 110 , ane memakai kruk_as kharisma ..nah bisa ga kalo ane beliin magnet+sepul kepunyaan kharisma??

Joe Arisman mengatakan...

double: wah itu mungkin udah waktunya rusak gan soalnya saya punya motor buntut dan pake cdi shogun ori sampai sekarang ngacir cir cir

Joe Arisman mengatakan...

youpi: kalo magnit sih bisa cuman kadang harus geser tonjolan pulser untuk sepul mungkin agak susah karna dari bentuk dan dudukan agak beda

Anonim mengatakan...

maaf gan mau nanya, kalo cdi smash SR diganti cdi shogun bs gak gan? trus ubahan kabelny apa sama dgn rangkaian yg di atas?

Joe Arisman mengatakan...

sebenarnya bisa gan jika tau arus masuk keluarnya itu mudah tapi disini belum saya posting .

Ady Rotherfohd mengatakan...

Agan2..Mau nanxa.Harga cdi shogun kebo brapa?
cdi new shogun pake tipe unlimiter atau limiter?
N komponen apa saja dalam cdi limiter yang d ganti agar menjadi cdi non limiter?
Mapf agan2 lo bnxk tanxa..Cz mumpung ad bahasan..Ckckck..

budi yudha mengatakan...

mohon infonya...
spull motor saya sering terbakar. sudah di lilit ulang beberapa kali masih saja sering terbakar. kurang lebih sudah hampir kelima X nya.., kira2 apa penyebabnya.., apakah kiprok juga berpengaruh?? kata orang bengkel kiprok sudah dicek dan tidak ada masalah... tp kenyataanya spull tetep terbakar dan berakibat aki tidak mengisi,, mohon bantuan infonya apa yang kira2 harus dicek ulang.. dan langkah selanjutnya... makasih...

Joe Arisman mengatakan...

kawat elmailnya harus yang bagus itu gan dan jangan lupa besi yang dililiti kawat elmail itu juga baiknya yang asli bawaan motor. setelah itu coba di lilit lagi dan setiap lapisan lilitan dikasih lem alteco agar lapisan elmailnya tidak mudah terkelupas. Pasang lagi dan coba seberapa kuat spul bertahan

Joe Arisman mengatakan...

Cdi sogun kebo price listnya sekitar 350.ribuan kalau disalatiga new shogun menggunakan tipe CDi limiter gan. Untuk komponen daleman CDI pengubah dari Limiter menjadi unlimiter saya sendiri belum melakukan percobaan gan.maaf jika jawabanya kurang memuaskan

Anonim mengatakan...

ane mw tanya gan, waktu ane brgkt ngantor, tiba2 mtor mati, stelah bw kbngkel diklaim spul rusak, yaudah ane bw ke dealer ganti spul, tp knapa mesin brebet ya ? padahal udh ganti busi sm kpala busi yg baru ?
pas mesin panas suka brebet, kalo brenti sbentar tnggu dingin brebetnya ilang,, tp kadang stelah mtor dipake malem, paginya dipanasin brebet juga, kenapa ya ni motor ??
apa ada sangkut bautnya dgn karburator ? stau ane sih sblum spul rusak mtor gprnah dioprek2 mohon informasinya gan, motor ane satria f

Joe Arisman mengatakan...

kalo keadaan mesin panas kadang brebet trus pulih kembali biasanya koil gan.tapi kalo dingin pun kadang susah idup trus mbrebet CDI setengah mati

Anonim mengatakan...

Bos mau tanya...
Kalo motor minerva lebih enak pake AC ato DC???
Soalnya ane bingung udah dapet CDI shogun kebo tapi blm brani ganti sistem pengapian....
Trus kalo mau ngubah dari AC k DC apa aja yg d ubah gan???

Joe Arisman mengatakan...

kalo sistem pengisian untuk aki itu baik ya lebih stabil pakek DC gan tapi kalo sistem pengisian atau regulator jelek mending pakek standartnya aja.

pemeliharaan mesin mengatakan...

semoga bermanfaat

kepladuk mengatakan...

gan ane mau tanya kalau jupiter mx buat pake harian tanpa penambahaan aksesoris apapun seperti lampu HID di jadikan arus DC apa aja kekurangannya dan apa aja yang harus di ganti atau di costum?
maaf banyak tanya gan ane awam. thx gan.

Joe Arisman mengatakan...

kepladuk:semua klistrikan dari AKI DC gan kecuali lampu depan dan sistem pengisin dari spull

Giri Maulana mengatakan...

merknya apa bro...

Joe Arisman mengatakan...

fukuyama untuk cdi sogun yang lumayan

feri, srengseng mengatakan...

bos...mw tanya. kalo mtor tba2 brebet trz mati kya mtor abz nyemplung bnjir bos. tal pkir dr karbu lg krna srg masuk banjir dijln. pdhl ru smggu yg lalu gw service. gwe nyalain bsa tpi brebet n ndut2n gtu trz mati. solusi gmn bos? mtor gwe grand 97. trz kalo gnti cdi brp duit yg asli....! seingetku pengapian pas q tes busi kdg nyala kdg gk. tq....

Hamid Muhammad mengatakan...

gan kalo new smash tu make sistem kelistrikan ac apa dc ya??
soalx ane mw bikin terang lampu utama tpi bingung sama sistem keliastrikanx

Hamid Muhammad mengatakan...

gan sistem kelistrikan new smash make dc apa ac ya??

fz zoel mengatakan...

bener g siih DC itu sensitif banget gan

dani mengatakan...

apa c kelemahan dan kekurangan cdi koso pada beat!

dani mengatakan...

apa c kelemahan dan kekurangan cdi koso pada beat!

dani mengatakan...

apa c klemahan & kekurangan CDI koso honda beat!

dani mengatakan...

apa c kelemahan dan kekurangan cdi koso pada beat!

Joe Arisman mengatakan...

deni: sensitifnya CDI DC saat konsleting saja gan sama pemasangan awal kalau salah memasang jalur positif negatif CDI

Joe Arisman mengatakan...

hamid" semua pabrikan suski mulai dari sogun 110 sudah DC

Joe Arisman mengatakan...

fey: kalo grand biasanya spull cdi setengah mati. kalo CDI grand ori samapai 200K

Captain mengatakan...

motor revo ane kan pake CDI-DC tuh gan, nah kalo aki nya soak, masih bisa nyala dan jalan, walaupun aki dilepas juga masih bisa jalan. Kira2 ada bahayanya gak?

Ebing Kita mengatakan...

mohon pecerahannya gan, motor ane shogon 110, kl udh jl 5km an suka brebat, kl gasnya d angkat g ada tenaganya smntra mesin tetap idup, pd cdi ad bnyi triktriktrik, it knp ya gan? Mksh.

Ebing Kita mengatakan...

mohon pecerahannya gan, motor ane shogon 110, kl udh jl 5km an suka brebat, kl gasnya d angkat g ada tenaganya smntra mesin tetap idup, pd cdi ad bnyi triktriktrik, it knp ya gan? Mksh.

Ebing Kita mengatakan...

mohon pecerahannya gan, motor ane shogon 110, kl udh jl 5km an suka brebat, kl gasnya d angkat g ada tenaganya smntra mesin tetap idup, pd cdi ad bnyi triktriktrik, it knp ya gan? Mksh.

Ebing Kita mengatakan...

mohon pncerahan.. Motor ane kl panas mbrebat, kl gasnya d angkat tak ad tenaganya, pd cdi trdgar bunyi tritriktrik getu gan, knp ya gan? Mksh

Anonim mengatakan...

klo di pasang kapasitor noon polar di keluaran spull jadinya sepertii apa ea..???

Anonim mengatakan...

klo motor ane suzuki smash 110 asal kelistrikan AC, tp ane udh ubh spull jd DC, karena pasang HID.
dan lbh bagus saya pke CDI orinya, atau saya pake CDI BRT HYPERBAND ?

soalnya saya kurang tw CDI ori smash dan CDI BRT HYPERBAND itu sistem DC / AC?


mohon bantuannya ya gan?
mana yg baik untuk motor saya itu.

thanks,...

DENNY mengatakan...

bang mw tanya ini, ktanya CDI honda gran tu sama kyk sogun 110 ya(unlimited)

Poskan Komentar