Langkah korek mesin harian yang benar

Posted by Joe Arisman On Rabu, 18 Juli 2012 62 comments
Mesin korek harian memang lebih disukai para rider yang suka kecepatan tapi motor masih bisa diajak jalan setiap hari,bukan hanya buat balapan. Apakah kamu tahu langkah-langkah membuat korek mesin harian yang benar? Banyak orang-orang yang salah kaprah tentang membuat motor mereka lebih cepat seperti contoh : Motor standart dan masih bawaan parbrik ingin mebuat motornya lebih cepat dengan cara mengganti knalpot racing , bobokan , free flow dll yang berbau racing tapi apakah dibearkan?

Jika menurut saya itu salah besar karena dilihat dari spek motornya pun masih standart lubang buang atau lubang exhaust belum dibesarkan(porting belum dibesarkan). Seperti orang makan nya banyak maka tenaga yang dihasilkan lebih besar dan lebih lama dibanding orang yang makanya sedikit pasti tenaga yang dikeluarkan juga sedikit dan lebih cepat lelah. Sama halnya dengan penggantian knalpot racing jika pembakaran sedikit tapi diharuskan membuang tenaga yang besar maka motor pun akan loyo.

Seperti contoh lainya penggantian karbu gendut atau karbu PE 28 padahal mesin masih standart dan durasi noken masih standart pula maka kerja mesin pun tak akan maksmal. Jadi langkah korek mesin harian yang benar adalah:
bentuk kepala silinder1.Cylinder Head
Semua para tuneer pasti sudah mengetahuinya , jika membuat motor racikan maka yang pertama dipegang adalah kepala silinder bisanya diubah ruang bakarnya. Dan juga bentuk kepala piston disesuaikan dengan kepala silinder.
bagan noken as2.Camshaft
Noken as yang berperan penting menjadi paru-paru sepeda motor karena part ini yang sering menentukan kinerja dan performance mesin nantinya. Biasanya untuk langkah membuat noken racikan pertama harus digaris berapa mm biasanya untuk harian 2mm sudah ekstrem. Kemudian di papas menggunakan mesin papas noken agar noken tidak ngeclek flang harus rapi.
bentuk porting polish3.Porting Polish
Lubang jalur masuk dan keluar pembakaran harus benar" bagus karena untuk efisiensi volumetrik agar aliran nya tak ada hambatan yang teralu besar. Porting polis harus benar karena jika salah arah membuat porting motor malah loyo seperi porting lubang exhaust jika kelwat besar dari diameter klep motor pun akan lemes.
karbu pe284.Karburator
Setelah 3 langkah diatas maka karburator wajib untuk di korek jika tidak ganti yang lebih ekstrem seperti karbu pe 28 atau yang lainya. Atau bisa juga karbu standart direamer menjadi venturi yang lebih besar. Macam karbu reamer  bisa kalian baca juga.
knalpot racing5.Knalpot.
nah knalpot adalah akhir dari korek mesin harian setelah 4 langkah diatas selesai maka knalpot menyesuaikan karakter korekan mesin agar kompak dan mesin pun lebih awet.

62 comments:

Anonim mengatakan...

Bro Joe, artikelnya bagus dan saya sgt sependapat. Sekalian mau tanya boleh ya,hehe..Motor saya Beat, full standard. Riding style, kalem (gas diurut, fokus pada konsistensi RPM di setiap medan).

1. Apakah hanya dengan melakukan polish pada blok slinder (menggunakan amplas 400), dapat membantu efisiensi volumetrik ? saya ragu untuk melakukan porting, mengingat tidak ada bengkel yg kompeten di daerah saya (kalimantan).
2. Di daerah saya, tanjakan sering dijumpai, jadi saya berencana mengganti roller menjadi 10 gram (std 12 gram), dan per CVT 1500 rpm. Apakah ini aman untuk harian ? dan dapat membantu saya menaklukan tanjakan ? Terima kasih atas bantuannya.

Salam kenal,

Frank.

Joe Arisman mengatakan...

for frank:semua perubahan yang dilakukan tetap akan berdampak jika dihaluskan saja mungkin berpengaruh pada mesin ,dan EV pun juga meningkat, tapi mungkin kalo bagi kita efeknya tidak terlalu signifikan dan membuat motor lebih galak itu tidak.Tapi memperhalus itu memperlancar saja arus campuran bb yang masuk.
Untuk penggantian roller dan CVT akan lebih bagus untuk tanjakan itu tidak apa-apa,tidak berdampak negatif juga bagi motor seperti halnya motor manual (non matic)jika gir belakang dibesarkan dari ukuran standart yang misalnya 36 mata menjadi 40 mata kelebihanya mesin motor tidak bekerja terlalu keras juga kerja kampas kopling tidak berat juga kan.
Itu mungkin saran dari saya om frank.

Anonim mengatakan...

Motor korekan itu mebuat motor cepat rusak ga, Om?

Joe Arisman mengatakan...

motor cepet rusak atau tidak itu tergantung perawatan dan cara memakainya. Jika korekan harian biasa tidak masalah toh untuk meningkatkan kinerja mesin beberapa persen saja.

Candra mengatakan...

kalau cuma porting polish, reamer karbu, ganti kampas n per kopling,.
apakah sudah bisa meningkatkan perform secara maksimal,..

Joe Arisman mengatakan...

candra:untuk motor korek harian mungkin sudah cukup bagus,asal yang terpenting itu prting polish kalau gak mau merubah noken as (meninggikan angkatan klep)
jika poring polish tidak bagus kadang mesin akan lebih parah dari standartnya ataupun bisa juga dibilang ngempos.

Novita sari mengatakan...

kalo cuman ganti per cvt 1500rpm sama porting n kepras adj tnpa hrus gnti piston yg besar apa sudah bs mningktkn perfom honda beat saya gan?
mohon bantuanya,,,,
trimakasih

Joe Arisman mengatakan...

novita:sudah bisa mbak tapi harus sama ahlinya kalo masalah porting karena salah sedikit saja mesin malah jadi ngempos. Tapi dalam tanda kutip tidak terlalu signifikan tapi jika beatnya kadang diganti velg ring 17 performa bawah masih dapet

Anonim mengatakan...

motor ane beat setandar pake pe 28 n knalpot nob 1,,resikonya apa gan??

Joe Arisman mengatakan...

ya mungkin tarikan bawahnya dapet tapi ntar untuk nanjak" gak dapet gan jadi motor malah loyo

Anonim mengatakan...

tpi kalo pake pe 28 ma nobi, ada kmungkinan krusakan mesin ga bro?
Kya klep dsb
thanks infonya sob

Ahmad Ghulam Azkiya mengatakan...

Mas Joe, katanya kalo ganti noken itu justru membuat mesin semakin loyo, 3-4 bulan terasa enak, tp seterusnya malah bikin loyo, bener apa nggak ?

nono mengatakan...

Kohar kira2 habis biaya berapa ya gan?

Joe Arisman mengatakan...

paling 400 an ya tinggal si tuner semuanya gan.ada yang murah sedang mahal juga ada

Joe Arisman mengatakan...

kalo lemes itu tetep iya semua motor buatan mesti ada efeknya. jadi semua pabrikan motor jika pertama membuat sebuah motor juga memikirkan usia pakai motor dan ketika sudah terlalu lama motor itu digunakan apakah performa tetap terjaga atau tidak. Jadi ketika motor itu udah dioprek maka motor juga dipaksa jika motor standart RPM awal hanya 9000 rpm ketika sudah di oprek menjadi 12000 rpm atau lebih maka usia part juga akan berkurang apalagi panas yang dihasilkan akan berlebih maka bahan dari besi motor akan memuai dan berkurang kualitasnya .

Anonim mengatakan...

sya baru ni maen motor, pengen coba ngoprek" mesin motor beat sya, bagusnya mulai drimna ya buat ningkatin performa harian motor? cma sya udh pake knalpot bobok, mohon sarannya

Anonim mengatakan...

nm

d1171k mengatakan...

mas bro, mau tanya nih. klo udah porting polish standart tanpa merubah noken-as ato karbu apakah mesti harus pake knalpot racing? klo pake knalpot standart dampaknya apa?.
Mohon pencerahannya.!

Bayu Damara mengatakan...

gan, kalo pke knalpot standar gmna ? apa gaakan terjadi apa apa ?

Joe Arisman mengatakan...

kalau pakek knalpot standart timing buka tutup noken as harus disetting ulang,dan lubang buang juga harus di set ulang. Kalau pengen pakai knalpot standart korek motor buat harian aja biar ga kelewat los

Joe Arisman mengatakan...

D1171K:tidak gan kalau hanya porting polish itu sebenarnya melancarkan aliran bensin ke dalam runag bakar agar tidak terjadi hambatan kalau pakai knalpot standart malah lebih enak gan karena kita bisa mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah melakukan porting polish. nanti akan terasa ketika kita mulai menarik gas dari putaran tengah keatas

Joe Arisman mengatakan...

motor beat: ikuti saja langkah diatas

Anonim mengatakan...

bang joe mtor sya shogun 125 ,, sher thunder noken as standar karbu standar cuma main jet'a j dgedein ,,
sya mau tnya ni bang , qok mesin sya cpet panas yah
tlong info'a

Joe Arisman mengatakan...

itu linernya ketipisan gan. jadi temapat bekerjanya seher dindingya terlalu tipis. coba aja turunin kompresi lewat tambah packing belakang.

yud'z mengatakan...

mas joe tolong kasih saran kalo mesin jupiter z menjadi enteng apa aja yang harus di rubah?

nico rempil mengatakan...

Honda beat ane pke per 1500 n roller 7 bro, yg lainnya masih standar smuanya, kog gg bisa tembus 100 yahh?

nico rempil mengatakan...

Honda beat ane pke per 1500 n roller 7 bro, yg lainnya masih standar smuanya, kog gg bisa tembus 100 yahh?

Anonim mengatakan...

mas joe..
motor sy supra lama..
uda ganti piston over 250, noken, porting, cdi, leamer karbu, sma knalpot jupe..
nah, untuk koil apa juga perlu di ganti supaya tenaga bisa nambah??
terus untuk karbu yang pas buat supra sy apa yah??|
untuk maksimal nya pake PWK, PE apa TM?? trus ukuran pake 24 apa 26??
dan yang terakhir apa knalpot perlu diganti yang lebih looss lagi??

thanks,,
bayu.

Joe Arisman mengatakan...

kalo sering buat harian atau kerja jgan pakai knalpot los gan ntar motor nya malah lemes lama-kelamaan. Koilnya pakek punya GL-pro neo tech tu lumayan bagus kalau masalah karbu tinggal liat durasi noken kalau enaknya sih tarikan atas bawah dapet ya pakai PE saja

Joe Arisman mengatakan...

nico: kalau udah diganti ttep aja sama kadang itu karakter mesin awalnya gan kurang sip pas reyen nya.

Joe Arisman mengatakan...

yudz: tinggal liat aja artikel diatas kalau hanya tertuju dengan part-part racing motor agan tidak akan bertambah tenaganya.

Anonim mengatakan...

bang vega ane udah naik seher kaze 100 ...tapi noken as gk di papas ...kalo di papas suara jadi berebet gk thanks...

Anonim mengatakan...

om joe.. perkenalkan Saya Fuad dri wonogiri..mau tanya n mnta pndapat anda.. mtor saya jupiter z 2009 , sudah saya kopling per kopling pke pnyaya fu, msin msh standart, karbu jg standart,.. trus ini rencananya mau saya porting, dipapras nokennya{harian}, n ganti karbu king,. tu mtor untuk harian wonogiri-solo,, prtanyaan saya gmana pndapat anda om? ada saran gx baeknya gmana?

Joe Arisman mengatakan...

wah kalau fu samapai di kepras noken nya kalau untuk laju saya sendiri kurang suka gan.
masalahnya biasanya motor untuk laju itu erat sekali dengan menggeber atau menggunakan putaran tinggi terus kalau ntar nokennya dipapas lama kelamaan motor akan lemas.karena disamping lebih menekan per klep lebih panjang dan papas head juga. mending porting sama papas head aja gan lebih aman

Joe Arisman mengatakan...

vega" gak sama sekali gan ga ada hubunganya seker sama brebet

Anonim mengatakan...

Mas Joe, sy punya motor byson 2012, sdh pake cdi brt dualband, knalpot freeflow, karbu pwk28 sudco,. sy ada rencana untuk menaikkan performa mesin nya agar lebih optimal tapi masih di level aman untuk mesin dan enak utk hariannya. Kira2 sya memulai dari mana dulu? dan part2 apa saja yg perlu diganti di dlm mesinnya? mohn info nya ya mas joe

Anonim mengatakan...

low grand biar lbih enteng lariny gmna bang

yoko nurrohman mengatakan...

gan motor saya beat pston jpiter z 100 cc,kalau mau ngpras noken as ukurannya berapa ya ?mohon petunjuknya nuwun

yoko nurrohman mengatakan...

gan motor saya beat piston jupiter z oversize 100,kalau mau ngpras noken ukurannya berapa ya gan?

yoko nurrohman mengatakan...

gan motor saya beat piston jupiter z ovrsize 100 ,kalau mau ngpras noken baiknya ukurannya berapa ya gan?

yoko nurrohman mengatakan...

gan motor saya beat piston jupiter z ovrsize 100 ,kalau mau ngpras noken baiknya ukurannya berapa ya gan?

yoko nurrohman mengatakan...

gan motor saya beat piston jupiter z ovrsize 100 ,kalau mau ngpras noken baiknya ukurannya berapa ya gan?

yoko nurrohman mengatakan...

gan motor saya beat piston jupiter z ovrsize 100 ,kalau mau ngpras noken baiknya ukurannya berapa ya gan?

yoko nurrohman mengatakan...

gan motor saya beat piston jupiter z ovrsize 100 ,kalau mau ngpras noken baiknya ukurannya berapa ya gan?

Anonim mengatakan...

Gan mau tanyak nih,..
Vega zr kan gak pake pegas kopling,
gimana cara supaya menambah konstan nya,...?

trisetyo nugroho mengatakan...

kalau papas silinder head itu ada efek negatifnya gak gan..>?? motor ane megapro

trus kalau ganti pe 28 ngaruhnya banayak gak...??

Anonim mengatakan...

Mas br0w,,,
biar k0mpresi fu gue tmbah gede n m0dalnya dikit gimana?

Anonim mengatakan...

motor saya Satria S 120, dulu cuma bisa 60 kpj udah mentok padahal gigi 6
Setelah di porting polished sama knalpotnya di bedah dan kompreisnya di rapat kan paaaat (ganti ring piston), gigi 5 90 kpj pas gigi 6 100 kpj, saya kira harusnya bisa lebih, krna karakteristik Satria 2 tak mainnya di Rpm tinggi, saya kadang takut klo udah mesinnya teriak kenceng, pdhal gak tau itu Rpm nya udah nyampe brapa. Mohon masukannya gmana biar tau itu udah nyampe rpm mentok brapa ? dnger2 klo satria 2 tak standard tenaga maksimal dihasilkan pada saat Rpm @8000 ??? motor saya standard jeglek

Farhan Sulthan mengatakan...

Bang joe? kuda besi saya merk beat, saya kan pake seher paketan kawahara yg 54,5mm, carbu standar cuman pake pilot jet 40 & main jet 105, sama knalpot CLD C1. nah saya kurang puas ni bang joe, mesti di apain lagi supaya ni kuda besi punya saya nambah ngacir?
thanks bang joejoe.

Farhan Sulthan mengatakan...

Bang joe? kuda besi saya merk beat, saya kan pake seher paketan kawahara yg 54,5mm, carbu standar cuman pake pilot jet 40 & main jet 105, sama knalpot CLD C1. nah saya kurang puas ni bang joe, mesti di apain lagi supaya ni kuda besi punya saya nambah ngacir?
thanks bang joejoe.

Farhan Sulthan mengatakan...

Bang joe? kuda besi saya merk beat, saya kan pake seher paketan kawahara yg 54,5mm, carbu standar cuman pake pilot jet 40 & main jet 105, sama knalpot CLD C1. nah saya kurang puas ni bang joe, mesti di apain lagi supaya ni kuda besi punya saya nambah ngacir?
thanks bang joejoe.

Farhan Sulthan mengatakan...

Bang joe? kuda besi saya merk beat, saya kan pake seher paketan kawahara yg 54,5mm, carbu standar cuman pake pilot jet 40 & main jet 105, sama knalpot CLD C1. nah saya kurang puas ni bang joe, mesti di apain lagi supaya ni kuda besi punya saya nambah ngacir?
thanks bang joejoe.

Anonim mengatakan...

mz bro..mau tanya "mio soul qu msih standar tp ad yg aq ubah.."roller 8gr,per cvt 2000rpm,pertanyaan saya,,,"knapa larinya msih standar y..mksh sblmnya

Encuk mengatakan...

Mt0r gue fu 15o bang..
gmna cara mudah buat gedein k0mpresi mt0r ane.,
hatur nuwun trimakasih

Anonim mengatakan...

gan GL pro series naik langkah 9mm/setrukan,yang bagus busix..dan agar mudah tdak panas mesin gmna gan?

eka outsider mengatakan...

gan...mtor sya yamaha mio bore up 135 cc...
Klo bleh tau kmprensi brtmbah brpa??
Apkah prlu mtor sya d porting polish??

hendra_pranata17 mengatakan...

bro,
honda beat ku tahun 2008,mesin standar
karbu std tpi ak open filter
main-jet dan pilot-jet lebih baik di ganti ukuran brp?
dan roller ak berniat mengganti dg ukuran 8 dan 10 gr apakah akan menambah tarikan awal tetapi masih bisa mendapatkan top speed?
per CVT aku berniat mengganti 1500RPM

bagaimana menurut agan?

thx, Hendra

Eka Firdaus mengatakan...

Bang joe mtr sya beat pke roller 8gr kawahara kimbinasi sama roller standart,per KTC 2000rpm,busi racing tp sys kurang pas sama acselerasinya
Harus di gimanain lg gan?

ogoy uchiha mengatakan...

Gan mtor ane jupiter z 2007,udh make piston kaze..™opersis 100,tp rpm tinggi gak Άϑά tenaga,malah ngempos,tlg dibantu

amri salim mengatakan...

Mas joe honda beat ane pake velg 17 TDR ban depan 60/80 belakang 70/80 per CVT 1500 rpm trus smuanya standar kira" rollernya pake yg brp gr

amri salim mengatakan...

Mas joe motor beat ane standart . Velg 17 ban depan 60/80 belakang 70/80 . Per CVT 1500rpm, maen roller brpa gr ?
Mohon saran, biar gesit .
Terimakasih .

after dead mengatakan...

permisi bro...
saya pengguna NMP, saya seber'a mau ganti cham CLD..
kira2 lngsung pnp or ada yg lain yg harus d ganti..??
mohon pencerahan.. hehehe
salam satu aspal

Poskan Komentar