Tips Memperbaiki AKI Kering Rusak Parah

Posted by Joe Arisman On Kamis, 12 Juli 2012 29 comments
Aki Kering
AKI Kering
Diera tahun 2012 ini semua lebih menonjolkan kemudahan dan keramahan lingkungan.Seperti kita tahu yang dulunya karburator biasa saja sekarang ditambah teknologi AIS,KAIS,dan ada selang emisi gas buang untuk menurunkan kandungan gas buang yang keluar,dan yang terakhir injeksi.

Seperti AKI yang dulu hanya AKI basah(dengan perawatan)sekarang tersedia AKI kering(Bebas Perawatan).Pernahkah kamu menjumpai AKI basah yang dijual bekas dan masih bisa dipakai?Pasti pernah bukan,sebenarnya sama halnya dengan AKI basah rusak diterminal (-)/negatif.Kalau menurut sang penjual aki bekas memang terminal (-)nya lebih mudah rusak daripada terminal positifnya.

AKI kering memang banyak keunggulan selain bebas perawatan dan mudah diprediksi untuk masa pakainya sekitar 1-1,5 tahun saja dan AKI akan melemah dengan sendirinya.Tapi ada juga yang rusak sebelum masa pakainya berakhir.Biasanya gejala yang terjadi seperti di AKI Honda Beat yang rusak memang mesin masih bisa distarter tapi jika tuas rem depan dan ditarik tidak kuat distarter dan malah terkesan seperti ada yang konslet karena setelah ditarik tuas rem dan menyala lampu remnya tegangan AKI seperti turun dan tidak kuta lagi untuk distarter.

Jeroan AKI
Jeroan AKI
Bagaimana cara memperbaikinya?Dalam AKI kering pun ada air khusus untuk bisa bertahan lama di dalam nya.Bisa dikatakan kondisinya saat itu sedang kehabisn air .Dibadan AKI pun tertera tidak bloh menambah cairan AKI,kemudian saya coba membuka tutup nya dan saya isi dengan air AKI biasa .Dan hasilnya memuaskan AKI berjalan normal seperti sediakala.

Tapi perlu diingat jika kamu ingin melakukan hal yang sama diatas gunakan sarung tangan atau jaga jarak saat penambahan air,sekedar untuk keselamatan kerja saja.Dan jangan mengisi terlalu banyak.Semoga bermanfaat.
Menambah air AKI kering
Menambah AIR aki

29 comments:

cara membuat passport mengatakan...

kalo aki kering motor supra 125 di isi accuzur asam sulfat bos?

Anonim mengatakan...

saya sudah mencoba tapi tetap tidak berhasil..

Joe Arisman mengatakan...

cara:yang airaccu gan
anonim:itu mungkin terminal min nya sudah putus punyanya agan,dan bisa benernya bawa aja ketukang aki

Anonim mengatakan...

oke mas bro udah aku coba...dan berhasil.. thanks..

Joe Arisman mengatakan...

owh terima kasih gan kalo bermanfaat.

Anonim mengatakan...

bro kalau aki kering gmn caranya, soalnya gw da charge d tukang aki eh ga bisa

Anonim mengatakan...

,aki kering kalau udah ga bisa d pakai buat starter,itu masih bsa d charge ga mas,?

Anonim mengatakan...

Ngecharge aki pake adaptor laptop aja, jgn lupa liat spec adaptor laptop nya. Min 15V 2.5A max 19V 3.5A. Klo aki 12V 3.5A 1jam udh full. Klo mo bikin indikator pake lampu rem belakang aja, dipasang pararel di positif n klo aki kosong lampunya terang tp klo aki udh full lampunya redup.

Soehairi aby mengatakan...

di isi pake yg merah apa yg biru min, di carge lg apa ngga ?
kalo bisa tolong replay ke soehairi.aby@gmail.com yaa min trimakasih banyak :)

Soehairi aby mengatakan...

di isi pake yg merah apa yg biru min, di carge lg apa ngga ?
kalo bisa tolong replay ke soehairi.aby@gmail.com yaa min trimakasih banyak :)

Anonim mengatakan...

q prnh ngisi q kering trus brhsl,tp ga lama dah mati,,.trus q isi lg mlh dah g bs ngangkat,solusinya gmn bos?

Unknown mengatakan...

buang aj ..susah amat

Anonim mengatakan...

ketiga lubange di is smua ta?

DOLIK PGRI PREMBUN mengatakan...

wah ini pengetahuan yang perlu dicoba ,murah bermanfaat dan mudah

krisna wiguna mengatakan...

kalau pake aki mtor supra x 125 air apa yang dipakek gan

krisna wiguna mengatakan...

kalau aki supra x 125 diisi pake air apa boss

deni gunawan mengatakan...

bos saya mau nanya bulan 1 saya beli aki kering untuk motor yg 6 amper baru 2 bln lebih udah ga bisa di pake alias melemah kenapa ya bos tolong kasih tau cara nya untuk bisa di pergunakan lg terimakasih di tunggu jawaban nya

deni gunawan mengatakan...

bos saya mau tanya bln 1 saya beli aki kering untuk motor tp baru 2 bln aki udah melemah jangan kn untuk stater untuk lampu depan aja redup pisan bos tolong gmn cara nya biar aki yg lemah bisa di gunakan lg terimakasih saya tunggu jawaban nya

deni gunawan mengatakan...

bos saya mau nanya bulan 1 saya beli aki kering untuk motor yg 6 amper baru 2 bln lebih udah ga bisa di pake alias melemah kenapa ya bos tolong kasih tau cara nya untuk bisa di pergunakan lg terimakasih di tunggu jawaban nya

gugun gunawan mengatakan...

gw dah coba. .
Cman gw cuci dulu pake aer garem. . .trus Akiny di obok obok. . . Klo dah bersi baru isi. .

Anonim mengatakan...

krisna_pakek aer ludah.
juh juh juh... beres deh.

Sultan Rais mengatakan...

Gan, aku kan baru ganti aki 2 minggu yg lalu, tapi kok skrg motorku udah gak bsa nyala lg?
Katanya aki motorku kering..

maha dewa mengatakan...

tips anda semua bermanfaat,tapi saya masih belum praktek,,mudah2an bisa karena aki kering punya supra gue udah bobrok,,,kadang kena kadang nggak

maha dewa mengatakan...

tips dan trik anda semua sangat bermanfaat...tapi saya masih belum coba kebenarannya,,karena saya punya motor supra dan akinya udah mulai erorr.perlahan,,,tks for all

maha dewa mengatakan...

tips anda semua bermanfaat,tapi saya masih belum praktek,,mudah2an bisa karena aki kering punya supra gue udah bobrok,,,kadang kena kadang nggak

printing mengatakan...

Info yang bagus,terimakasih sudah share
Sekalian nitip info tentang bagaimana menjadi konsumen yang baik dalam membeli keperluan kita di blog?

Randy Delapan mengatakan...

Gan motor sy honda beat.. cc y sudah 130 cc klw dah panas bgt... mati gan sy pakai cdi racing koso ada 4 maping
....tp klw sy ganti cdi biasa bisa di stater hidup lg gan tuh knp ya gan tolong informasi y gan

Randy Delapan mengatakan...

Gan motor sy honda beat cc y sudah 130 cc klw sudah pns bgt g kuat di stater sy pakai cdi racing koso... buat harian gan tp klw sy ganti cdi standar lsg bisa di stater tu knp y gan.... tolong informasi y ok


Anonim mengatakan...

saya punya aki maintenance free ge force 100 Ah, tapi cairannya keluar saat paket pengirimannya tiba. terlihat tidak ada yang pecah pada casingnya. apakah aki masih bsa dipakai? apa yg perlu diperbaiki? apa nama cairannya jika dibeli di pasar?

Poskan Komentar