Tips Mudah Perawatan Piston

Posted by Joe Arisman On Sabtu, 21 Juli 2012 3 comments
aliran oliPiston merupakan jantung dari sepeda motor yang harus selalu mampu memampatkan bahan bahan yang ada  dalam ruang silinder tanpa ada kebocoran kompresi. Letak piston yang ada didalam ruang bakar kadang menyulitkan kita untuk merawat beda dengan merawat ban luar sepeda motor. Merawat piston dari cara kita            
menggunakan motor pun juga bisa. Caranya adalah :

1.Piston yang butuh pelumas dan aliran pelumas yang bagus dimaksudkan untuk memperingan kerja piston itu sendiri. Pelumas yang bagus dan aliran pelumas yang baik akan membuat umur piston lebih lama karena piston tak mendapat panas yang berlebihan. Lebih bagus lagi piston dibuatkan jalur oli di badan piston seperti piston milik Honda Karisma.
2.Penggantian pelumas secara berkala memang faktor utama,apalagi untuk motor yang sudah berumur dan banyak bram(kotoran hasil gesekan mesin) harus lebih sering mengganti oli. Tidak harus oli yang mahal tapi cukup oli yang sesuai kebutuhan mu.
oktan bensin3.Jangan asal copot-pasang knalpot walaupun itu terlihat tidak apa-apa sebenarnya berpengaruh terhadap piston. Seperti halnya jika kita disuruh hidup didaerah dingin kemudian selang beberapa lama kita tinggal didaerah yang panas tubuh kita pun akan lebih mudah loyo. Apalagi untuk knalpot free flow yang mempunyai pipa knalpot lebih pendek membuat panas yang keluar dari mesin lebih sulit. Berbeda dengan knalpot bawaan pabrik lebih panjang daya serap panas nya bagus dan cepat membung panas.
filter udara4.Untuk motor yang sudah dioprek seharusnya pakai piston racing tapi jika memakai piston standart dengan kompresi yang tinggi dimungkinkan piston akan seumur jagung. Jadi patoklah kompresi sedang untuk piston standart.untuk maksimal kompresi yang digunakan 11:1.
5.Gunakan oktan bensin yang lebih tinggi. Motor ditahun ini lebih mengunggulkan ramah lingkungan dan kompresi juga dinaikkan. Rata-rata kompresi yang digunakan mesin kecil 10,5:1 jadi akan lebih baik memakai bensin beroktan 94 atau setara dengan pertamax. Karena untuk premium ada kandungan timbel yang tidak bagus untuk piston disamping tidak ramah lingkungan jika timbel ikut terbakar maka akan terkjadi kerak di atap piton.
6.Perhatikan filter udara atau kalau untuk lebih bagusnya pasang saja filter udaranya jika ingin lebih sehat dan awet baca juga karbu dengan atau tanpa filter udara 

Setelah membaca sedikit tentang postingan diatas sudah tahu bukan mana yang harus kalian lakukan. Jadi tetap lah menjadi biker yang cinta pada motornya.

3 comments:

Poskan Komentar