Tips Mengetahui Timing Buka Tutup Noken Yang Tepat

Posted by Joe Arisman On Sabtu, 04 Agustus 2012 0 comments
gir timing noken
gir timing noken as
Kita sering mengotak-atik motor sendiri bahkan kita juga bongkar pasang mesin sendiri,membersihkan silinder head sendiri tapi kadang terjadi kendala ketika motor kita sudah korekan dan sulit untuk dikembalikan kekeadaan semula dan berjalan sesuai motor lainya.

Timing buka tutup noken bisa diartikan waktu diaman noken as bekerja mendorong rocker arm(pelatuk) membuka dan menutup sesuai dengan timing pengapian pada waktu pembakaran terjadi. Noken as dalam buka maupun tutupnya membutuhkan ketelitian durasi dan derajat buka tutup yang tepat karena 1 derajat dalam noken as sudah sangat mempengaruhi. Begitu juga timing pengapian contoh sederhana jika pick up pulser digeser 1 derajat ataupun sejauh 1mm maka akan terjadi trouble pada pembakaranya.

Bagaimana mengetahui bahwa timing buka tutup noken sudah benar?
1. Posisikan dalam keadaan TMA posisi piton berada diatas dan kedua klep menutup.
2. Starter motor dan dengarkan suara motor itu.
3. Jika motor hidup dengan suara mbrebet diputaran rendah dan diputaran tinggi tertahan maka timing pengapian terlalu mundur. Geser maju satu gigi gir noken as
4. Jika motor hidup diputaran mesin rendah atau idle bisa lancar tapi diputaran atas seperti telat bensin atau tak bisa teriak maka timing terlalu maju. Geser mundur satu gigi gir noken as.

pick up pulser
Pick up pulser
noken as jupiter
noken as jupiter



Untuk noken buatan seperti noken as jupiter biasanya meleset karena mengandalkan baut dari depan saja beda dengan grand,karisma yang menggunakan baut pengikat gir nken berjumlah 2.

0 comments:

Poskan Komentar